Kamis, 28 November 2013

INOVASI

PEMBELAJARAN TRANSFORMATIVE

Pendidikan luar sekolah erat kaitannya dengan pendidikan seumur hidup (life long learning education). Karena proses pendidikan itu tidak hanya di peroleh dari pendidikan formal (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi) saja, melainkan proses pendidikan itu di peroleh dari mulai kita di lahirkan hingga kita mati. Pemahaman masyarakat yang meletakkan sekolah sebagai satu-satunya pusat pembelajaran (on schooling alone)harus diubah kearah kepercayaan terhadap system belajar seumur hidup.
          Akan tetapi persoalan pemahaman dan kemampuan pendidik dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran menjadi kunci utama dalam penciptaan suasana belajar yang kreatif. Beberapa hal yang harus dipahami pendidik adalah peningkatan peran pendidik sebagai fasilitator belajar adalah peningkatan peran pendidik sebagai fasilitator belajar, strategi pengelolaan sumber belajar masyarakat, pemanfaatan sumberdaya lingkungan dalam pembelajaran, kemampuan memotivasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan menanamkan kemandirian belajar peserta didik.
          Model pembelajaran harus lebih ditekankan pada upaya peningkatan self directing learning dan kemampuan belajar mandiri. Desain pembelajaran harus dirancang sebagai system komunikasi pendidikan yang bersifat interaktif agar mampu menghasilkan kepercayaan diri peserta didik untuk melakukan berbagai perubahan (transformation) dalam aktifitas pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
          Oleh karena itu, pembelajaran transformatif (transformative learning) merupakan sebuah inovasi bagi dunia pendidikan. Pembelajaran transformatif merupakan model pembelajaran yang dikembangkan dari perspective transformation. Seiring dengan perkembangan pemikiran dan paradigma dalam dunia pendidikan, akhirnya pembelajaran transformative mengalami proses pematangan, bahkan menjadi salah satu teori mainstream dalam pendidikan, khususnya pada pendidikan orang dewasa (adult education).
          Secara konseptual, pembelajaran transformative dipahami secara beragam sejalan dengan keragaman pendekatan yang digunakan. Secara umum dapat dikatakan bahwa pembelajaran transformative merupakan pembelajaran yang diorientasikan pada terjadinya perubahan secara mendasar pada diri pebelajar. Kegiatan pembelajaran transformative harus terpusat pada peserta didik, lebih berfokus pada proses-proses dialog dari pada penyampaian informasi oleh pendidik oleh peserta didik, serta pembelajaran yang relevan dengan frame of reference peserta didik, sehingga peserta didik mampu mengembangkan diri dan performance dalam kehidupan dan kinerja sepanjang karirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar