Pendidikan Jarak Jauh
Kegunaan utama dari inovasi ini adalah untuk
memberikan pendidikan bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikannya namun
lebih sibuk dalam bekerja dan dapat memperolehnya sewaktu-waktu. Pendidikan
yang seperti juga termasuk dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah.
Cara
kerja : Pendidikan Jarak Jauh ini dapat berjalan dengan menggunakan bantuan
jasa Internet yang sekarang ini sudah menjamur dalam masyarakat, dan dengan
Internet ini juga semua aktifitas belajar dapat berjalan, jadi kita tidak perlu
untuk datang ke sekolah karena juga akan membuang-buang waktu. Jadwal serta jam
belajar pun warga belajarlah yang menentukan, sehingga tingkat ke efektifan
program atau jasa ini sangat tinggi dan berkualitas.
Cara
menggunakannya : Prosedur agar program ini dapat berjalan, jika dan prinsip
kerja inovasi ini telah memenuhi kondisi kondisi dibawah ini :
Kondisi-kondisi
untuk program pendidikan jarak jauh:
Kelas
informasi:
•
Alamat website kelas
•
Nama dosen, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
•
Nama asisten pengajar, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
•
Nama tutor, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax, alamat e-mail.
•
Nama asisten pendidikan / pustakawan, lokasi dan jam kerja, nomor telepon, fax,
alamat e-mail.
•
Lokasi dan jam kerja pusat informasi, nomor telepon, manajer pusat informasi
dengan alamat e-mail.
Logistik
•
Materi pendidikan yang anda harapkan.
•
Bagaimana anda akan menerima materi pendidikan tersebut.
•
Bagaimana anda diberitahu atau belajar, serta pengumuman dan pembatalan kelas.
Persyaratan
teknis:
•
Peralatan komputer dan internet, program dan spesifikasinya.
•
Type dan versi program.
•
Kemudahan mengakses multimedia.
Jadwalkan
diri anda sendiri dan bertahanlah pada jadwal yang telah ditetapkan, yang
•
Sejalan dengan silabus program pendidikan, atau yang
•
Telah dibicarakan atau dijelaskan dengan instruktur.
Jadwalkan
diri anda setiap hari / minggu untuk komunikasi program untuk
Umpan
balik pada instruktur.
Dalam
pertemuan tatap muka, seorang instruktur bergantung pada umpan balik dari
siswanya, baik dengan pertanyaan maupun ekspresi wajah / fisik. Dalam program
jarak jauh, hal ini merupakan hal yang sangat sulit, dan anda bertanggung jawab
untuk memberitahu instruktur tentang bagaimana anda menerima pelajaran baik
melalui janji pertemuan, pembicaraan telepon atau e-mail.
•
Menunjukkan kemajuan dan ketaatan.
•
Laporan perkembangan : instruktur harus memberikan umpan balik pada anda
mengenai kemajuan selama pelajaran. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan
metode untuk kemajuan anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode
tersebut meliputi :
o
Tes-tes yang meliputi penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang
diberikan.
o
Laporan-laporan, proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan
lain-lain.
o
Masukan secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan
proyek-proyek.
Sumber
Inovasi :
Penemu
Inovasi : Pendidikan Jarak Jauh tanggal untuk setidaknya pada awal 1728, ketika
"iklan di Boston Lembaran ... 'Caleb Phillips, Guru metode baru dari
Tangan Pendek" adalah mencari siswa untuk pelajaran yang akan dikirim
mingguan. Modern pendidikan jarak jauh telah dipraktikkan setidaknya sejak
Isaac Pitman mengajar stenografi di Great Britain melalui korespondensi di
tahun 1840-an. Pengembangan layanan pos di abad ke-19 menyebabkan pertumbuhan
perguruan tinggi korespondensi komersial dengan jangkauan nasional.
Penyebar
Inovasi : Presiden pertama dari University of Chicago, William Rainey Harper
dikembangkan diperpanjang pendidikan dan dianggap salah satu pendiri dari
"belajar dengan program korespondensi". University of Chicago
melembagakan KCD pertama di Amerika Serikat melalui penggunaan surat, menjangkau
kelompok besar siswa internasional.
Pengguna
Inovasi : Pengguna inovasi ini pada sekarang ini tidak dibatasi dengan umur,
namun kebanyakan yang menggunakan inovasi ini adalah orang-orang yang telah
bekerja dan ingin mendapatkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar